Alhamdulillah, Lolos Seleksi “The 3rd NIDA Summer Camp”, Bangkok!

Posted by: Rivandi Pranandita Putra (03/ 04/ 2014)

nida.png

YOGYAKARTA, INDONESIA – Hari ini, 3 April 2014 saya mendapatkan sebuah email dari NIDA. Email ini berjudul pengumuman seleksi “The 3rd NIDA Summer Camp“. Benar saja, beberapa minggu lalu saya memang mengirimkan aplikasi untuk mendaftar sebagai delegasi Indonesia pada acara ini. Terdapat sebuah lampiran berupa pdf yang berisikan nama-nama peserta yang lolos seleksi. Syukur alhamdulillah, ternyata nama saya tercantum disana! Alhamdulillah.

Acara ini diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional (Office of International Affairs/ OIA) NIDA (National Institute of Development Administration) di Bangkok, Thailand. Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan NIDA dengan tema yang berbeda-beda tiap tahunnya. Tahun lalu, saya mendaftar NIDA, tapi sayangnya saya tidak lolos seleksi. Tema summer school tahun lalu adalah “green economy“, dan tema untuk tahun 2014 ini adalah “sustainable tourism” (semacam pengelolaan ekowisata).

Di tahun 2014 ini, ada 100 peserta dari berbagai negara yang terseleksi untuk hadir sebagai delegasi dalam acara ini. Seleksi yang saya jalani hanya berupa seleksi berkas, dengan mengumpulkan beberapa dokumen, seperti formulir pendaftaran yang telah diisi, sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS), essay mengenai sustainable tourism, surat motivasi (motivation letter), transkrip akademik dalam bahasa Inggris, surat rekomendasi dosen dalam bahasa Inggris, dan beberapa dokumen pendukung lainnya yang kemudian dikirim melalui e-mail ke NIDA.

Oh iya, acara ini akan berlangsung selama dua minggu di kampus NIDA yang terletak di kota Bangkok, Thailand. Seluruh biaya akomodasi (penginapan), makanan dan transportasi selama acara akan ditanggung oleh NIDA. Hanya saja, mereka tidak menanggung biaya tiket pesawat dari negara asal ke Bangkok sehingga untuk ini, kita harus mengeluarkan dana pribadi. Dalam acara ini, nantinya akan ada berbagai aktivitas yang mengasyikkan. Tidak hanya lecture, tapi nantinya akan ada study visit ke beberapa tempat menarik yang ada di negeri gajah putih ini. Seluruh rangkaian acara ini akan dilakukan dalam bahasa Inggris.

See you Bangkok!

Leave a comment