Belanda = Holland atau The Netherlands?

Written by: Rivandi Pranandita Putra (15/07/2018)

DSCN0026.JPG

Suasana di Leiden, Belanda (Sumber gambar: dokumentasi pribadi)

WAGENINGEN, BELANDA – Ketika mendengar kata Holland, mungkin yang terbersit di pikiran kita adalah nama negara Belanda dalam versi Bahasa Inggris. Namun, benarkah demikian? Ternyata, Holland adalah salah satu nama provinsi di Belanda sehingga tidak tepat jika dipakai untuk menyebut nama negara Belanda.

Saat ini, terdapat 12 provinsi di negeri kincir angin, yaitu:

  1. Groningen
  2. Drenthe
  3. Overijssel
  4. Gelderland
  5. Limburg
  6. North Brabant
  7. Zeeland
  8. Friesland
  9. Flevoland
  10. Utrecht
  11. North Holland
  12. South Holland

Dua provinsi terakhir inilah yang sering disalahartikan untuk penyebutan negara Belanda. Nama resmi negara Belanda secara keseluruhan adalah Nederland (Bahasa Inggris: The Netherlands), sedangkan penduduk dan bahasa Belanda disebut sebagai Dutch. Secara harfiah, Netherlands berarti ‘tanah rendah’. Dalam bahasa Belanda, Neder artinya rendah dan land artinya daratan atau tanah. Memang, negara ini sangat datar dan banyak wilayahnya terutama di bagian barat dan bagian utara berada di bawah permukaan laut.

map.png

Holland merupakan bagian dari The Netherlands (sumber gambar: klik disini)

Ketika kita ngobrol dengan orang Belanda, sangat disarankan untuk tidak menyebut Holland ketika ingin menyebutkan nama negaranya. Penyebutan nama Holland bisa menyinggung penduduk Belanda yang tidak berasal dari provinsi tersebut, lho! Ketika awal-awal saya tinggal di Belanda untuk studi, banyak teman Belanda saya yang menegur ketika saya menyebutkan istilah Holland untuk menyebut nama negara itu. Gini deh, ibaratnya, kebanyakan turis asing mungkin lebih mengenal nama Bali daripada Indonesia, dan kita orang Indonesia yang berasal dari luar Bali pun bisa saja disebut orang Bali. Gimana dong perasaanmu?

Lalu, apa sih alasan orang lebih familiar dengan istilah Holland daripada The Netherlands? Konon katanya, hal ini berkaitan dengan sejarah di masa lalu. Pada masa kejayaan Belanda di awal abad ke-17, banyak penduduk Belanda yang membuka rute perdagangan di banyak negara termasuk Indonesia. Kebetulan, banyak diantara para pelayar Belanda tersebut berasal dari Holland (saat itu Holland masih jadi satu, belum terbagi menjadi wilayah utara dan selatan) dan pada masa itu juga, istilah The Netherlands belum ada. Ketika orang asing bertanya asal negara mereka, pelaut-pelaut Belanda tersebut menyebutkan nama Holland sehingga istilah ini menjadi terkenal. Eits, enggak cuma sampai di situ, bahkan pendukung klub sepak bola nasional Belanda pun kebanyakan berasal dari kedua provinsi tersebut. So, enggak heran deh kalau orang asing susah membedakan antara Holland dan The Netherlands!

Provinsi Holland Utara dan Selatan teletak di sebelah barat negara Belanda. Holland, baik di Utara dan Selatan, merupakan dua provinsi yang berperan besar terhadap perekonomian dan kemaritiman Belanda. Kedua provinsi ini juga memiliki jumlah penduduk terbanyak di negeri Belanda. Kota-kota besar dan turistik seperti Amsterdam, Rotterdam, dan The Hague juga terletak di kedua provinsi ini, sehingga ketika kamu pergi ke Belanda, kemungkinan besar kamu juga pernah mengunjungi Holland. Namun uniknya, situs turisme resmi Belanda dinamai sebagai Holland (Holland.com) karena istilah ini yang justru lebih dikenal masyarakat luas, sehingga lebih banyak orang yang diharapkan bisa mengakses website tersebut.

Nah, sekarang paham kan perbedaan antara Holland dan The Netherlands?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s